Sejarah HMI

Himpunan Mahasiswa Islam lahir  2 tahun setelah kemerdekaan Indonesia bertepatan pada Rabu Pon, 14 Rabiulawal 1366 H atau bertepatan dengan 5 Februari 1947 M yang diprakarsai oleh Lafran Pane dan tokoh-tokoh lainnya sebagai sebuah organisasi mahasiswa yang menjadi wadah perkaderan bagi calon-calon pemimpin bangsa.

HMI menjadi organisasi mahasiswa islam tertua dan tebesar di Indonesia hingga saat ini yang menginjak 77 tahun berdiri yang mengkoordinir 100+ Cabang yang tersebar hampir disetiap kota/kabupaten seluruh Indonesia, dengan jumlah kader 500.000+ mahasiswa dan jutaan alumni HMI yang mejadi garda terdepan dalam menulis peradaban sejarah bangsa ini sampai terwudnya tatanan masyarakat yang di ridhoi Allah SWT.

HMI Cabang Bogor merupakan salah satu cabang tua  yang bediri pada 17 November 1952 yang di prakarsai oleh Drs, Fakhim, Sohardono, Yusuf Wedana, Muharam S, Ir. Gunawan, Rakhmana dan tokoh lainnya. HMI cabang bogor dalam perkembangannya tidak terlepas dari sejarah berjalanya HMI yang mengalami fase dualisme antara faksi yang menolak asas tunggal dan faksi menerima asas tunggal tahun 1986. Pada titik akhir perbedaan pandangan inilah dua faksi terus eksis dan melakukan kerja kerja organisasi dalam usaha perkaderan dan perjuangan HMI hingga menjelang reformasi. Pada tahun 1995 panji hijau hitam kembali ditegakkan di Bogor selaras dengan awal mula HMI berdiri. Agus muslim, Muhammad Tajudin, Sarmili dan tokoh-tokoh lain melajutkan estafet kepemimpinan HMI Cabang Bogor dibawah Agus Muslim Sebagai Ketua umum. HMI Cabang Bogor selama perjalannya telah 53 kali berganti kepemimpinan. Sekretariat HMI Cabang Bogor saat ini beralamat di Jl. Sukadamai RW 01 Kel.Sukadamai, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat.

HMI Cabang Bogor membawahi  5 Universitas di Bogor meliputi UNIDA, UIKA, IAIN LAROIBA, INAIS DAN STEI NAPALA, yang terdiri dari  Komisariat Perjuangan UIKA, Komfak FEB UIKA, Komisariat Teknik UIKA, Komisariat FH UNIDA, Komisariat Agraria Unida, Komisariat Pasundan, Komisariat Laroiba Cibinong, Komisariat Laroiba Lewiliang dan Komisariat INAIS. Saat ini HMI Cabang Bogor Di ketuai oleh Saudara Sirhan Umasugi.

Mari begabung dan menjadi bagian untuk menuliskan catatan sejarah HMI Cabang Bogor untuk peradaban bangsa ini!